Selasa, 14 Februari 2012

Bursa Asia Tertekan

Tokyo, Kompas.com--Saham dan kurs euro melemah pada perdagangan Selasa (14/2/2012) di pasar Asia. Kelegaan karena parlemen Yunani telah meloloskan perundangan soal pengetatan anggaran ternyata hanya dapat mengangkat indeks saham sebentar saja. Kekhawatiran baru muncul, apakah Yunani dapat memenuhi komitmennya dan menjalankan reformasi mengingat kerusuhan sosial terus bergejolak.

Lembaga pemeringkat Moody's mengingatkan investor Eropa bahwa masih banyak masalah di Eropa. Moody's juga memperingatkan kemungkinan akan menurunkan peringkat utang Perancis, Inggris, Austria, juga Italia, Portugal, Spanyol, Slovakia dan Malta.

Indeks MSCI Asia Pasifik di luar Jepang turun 0,2 persen, setelah menguat 0,8 persen ketika parlemen Yunani meloloskan RUU pengetatan anggaran. Kurs euro juga turun 0,3 persen menjadi 1,3153 per dollar AS dari kurs Senin kemarin yang berada pada posisi 1,3284 per dollar AS.

"Ketidakpastian di pasar tetap tinggi, karena banyak langkah yang harus dipastikan akan dilakukan agar tidak terjadi ancaman gagal bayar dalam waktu dekat," demikian Barclays Capital dalam catatannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar