Jumat, 08 Juni 2012

Cara Mudah Menghafal surat dalam al-Quran

Bismillah..

Ada banyak cara untuk dapat menghafal Al-Quran, anda tinggal mencari di google metode "terbaik" dalam menghafal al-Quran. Adapun postingan berikut ini adalah tips bagaimana cara "termudah" dalam menghafal surat-surat dalam Al-Quran hususnya bagi para pekerja yang sibuk, yang tidak menghususkan diri. Metode ini tidak hanya efektif dalam menghafal tetapi juga berakibat baik terhadap kebiasaan mendengarkan musik dan menggantinya dengan lantunan ayat-ayat suci Al-Quran.
Cara paling mudah bagaimana menghafal surah-surah dalam al-Quran, yakni dengan mendengarkan berulang-ulang surah apa yang ingin Anda hafal.

Sebelumnya, Anda pilih dahulu suara siapa yang ingin anda dengar murottalnya.. Misalnya syaikh Mishari Rasyid, Syaikh as-Sudais, syaikh al-Kanderi, Abu Usamah, atau lainnya yang Anda inginkan. Setelah mendapatkan suara yang paling nyaman menurut Anda, maka silakan mendengar terus-menerus dari murottal tersebut dengan menggunakan earphone, bisa sambil bekerja di kantor atau saat lagi santai di rumah.

Misalnya, Anda ingin hafal surah ar-Rahman surat ke 55, maka teruslah Anda ulang surah tersebut sampai lebih dari 10 kali perhari. Maka di hari ketiga Anda sudah mendengarnya selama 30x. Jika lebih dari itu lebih baik, lalu mulai lah Anda menghafal surat tersebut menggunakan mushaf.

Mushaf al-Quran yang jadi panduannya jangan Anda ganti-ganti, misalnya menggunakan al-Quran terbitan "syamil al-Quran" maka teruslah menggunakan mushaf itu, karena dapat memudahkan Anda mengingat letak ayat-ayat dan surahnya jika telah banyak surah yang dihafal.

Ketika telah lebih dari 30x Anda mendengar murottal surat A-Rahman, maka tentu sudah ada ayat tertentu yang secara reflek anda ingat. Itu sangat memudahkan Anda menghafal surat tersebut.

Selain itu perhatikan juga arti dari tiap ayat surat ar-Rahman yang dihafal karena itu juga memudahkan kita dalam mengingatnya. Ketika sudah sering mendengar dan juga memperhatikan arti tiap ayatnya, maka tidak akan lama Anda insya Allah sudah bisa hafal surat ar-rahman tersebut. Dan tidak perlu menghabiskan waktu yang banyak jika Anda seorang yang sibuk, di sela-sela saat bekerja pun dengan mudah bisa kita lakukan, insya Allah, asal niatnya ikhlas dan konsisten, karena surah ar-Rahman ada 78 ayat, maka sekiranya paling sedikit Anda hafal 5 ayat dalam sehari, maka dalam waktu 15 hari Anda sudah hafal surat tersebut.

Lalu untuk memperlancar hafalan, Anda bisa terus mendengarkan murottal-nya, lalu ketika lagi dijalan Anda bisa muroja'ah (mengulang) hafalan, apakah sedang dalam mobil atau sedang di atas motor, bisa Anda lakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar