Sabtu, 16 Juni 2012

Indonesia Negara Maju

Walaupun banyak pengamat mengatakan bahwa Indonesia akan menjadi negara maju antara tahun 2025-2030, sepertinya menjelang tahun 2020 pun atau 8 tahun lagi Indonesia sudah menjadi negara maju, karena sekarang sedang berproses ke arah itu.

Indikator atau ciri-ciri utama sebuah negara akan menjadi negara maju sudah ada pada negeri ini, di antaranya industri tumbuh dengan subur, semakin banyak rakyat yang menyelesaikan sekolah ke jenjang pendidikan lebih tinggi, mulai dikuasainya IPTEK, dan perekonomian semakin kuat.

Menyoroti masalah industri yang saya katakan tumbuh dengan subur. Karena melihat di lingkungan tempatku bekerja, kurang dari satu tahun ini sudah ada 4 pabrik yang berdiri dan besar-besar, saya perkirakan sedikitnya bisa merekrut 200-300 pekerja dalam satu pabrik, dan 3 pabrik saat ini sedang dalam proses pembangunan. Padahal ini baru di lingkungan tempat saya bekerja.

Kemudian dari segi pendidikan, saya juga melihat di mana-mana hususnya di JABODETABEK semakin banyak universitas yang menawarkan kuliah sambil bekerja "kelas karyawan," atau sering disebut kuliah kelas executive, dan semakin tahun semakin meningkat, itu membuktikan bahwa peminatnya (para pekerja) yang meneruskan sekolah ke tingkat lebih tinggi semakin banyak.

Kemudian, dari segi dikuasainya IPTEK khususnya dalam bidang militer sudah sangat maju, beberapa produk Indonesia bahkan sudah di ekspor ke negara-negara lain, dan yang diekspor bukanlah produk ecek-ecek tetapi pesawat dan pesawatnya adalah pesawat militer. Di antaranya pesawat CN (Cassa Nurtanio) 235, kerja sama PT DI dan Cassa Spanyol, dan banyak lagi teknologi canggih lainnya yang sudah diekspor misalnya Panser Anoa, dan beragam jenis senjata.

Indonesia sudah bangkit dari keterpurukan, meskipun di sana-sini kita melihat terjadi kekacauan misalnya karena korupsi merajalela, hukum dan tatanegara yang hilang wibawa, pemerintahan yang plin-plan, dan hutang luar negeri semakin meningkat, tetapi semua itu tidak menyurutkan bahwa Indonesia benar-benar akan segera menjadi negara maju.

Penyebab utama tentu dari bangkitnya kesadaran rakyat, semakin banyak yang cerdas dan pantang menyerah, sehingga di tengah keterpurukan tetap dapat survive dan bahkan meningkatkan taraf hidup, karena itu lah kalangan rakyat kelas menengah tumbuh paling subur di Indonesia, dan itu juga yang menyebabkan Indonesia tahan terhadap krisis yang saat ini melanda dunia belahan lain.

Saya tidak bisa membayangkan bagaimana tumbuh pesatnya Indonesia ke depan jika di pimpin oleh pemimpin yang tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar