Rabu, 25 Maret 2009

tata nano mobil baru seharga 24 juta

Tata akhirnya meluncurkan mobil kecil yang sangat menghebohkan dunia, yaitu Nano. Mobil kecil ini bikin heboh karena harganya paling murah di dunia saat ini. Di negara asalnya ditawarkan satu Lakh (100.000 rupee). Kalau dikonversi ke rupiah sama dengan 24 juta. Kalau dibelikan ke sepedamotor dapat satu Honda Tiger atau dua unit motor bebek.

Tahun lalu, ketika Tata Motor memperkenalkan Nano, masih banyak orang yang ragu dengan harga segitu. Termasuk para pelaku bisnis mobil di Indonesia. Namun, saat peluncuran Senen kemaren – meski telah terjadi kenaikkan harga baja, ban berbagai material lainnya - Ratan Tata mengatakan, “Saya harus menempati janji.”

Pemakai Motor. Mengapa Tata Motors bisa membuat mobil semurah itu? Apa saja yang diperoleh konsumen dari mobil seharga segitu?

Nano adalah mobil dengan panjang 3,1 meter, menggunakan mesin 2 silinder, 624 cc dan mampu menghasilkan tenaga 33PS. Konsumsi bahan bakarnya 20 km/liter dan bisa membawa 4-5 penumpang. Kecepatan maksimum 105 km/jam. Ratan Tata sendiri ketika berada di interior, kepalanya hampir menyentuh langit-langit.

Mobil ini tidak punya AC, buster rem , power steering, radio dan kaca spion dalam. Penghapus kaca pun hanya satu. Interiornya sangat sederhana. Justru kesederhanaan itulah target Tata membuat Nano. Karena sangat sederhana, media Eropa mengomentari, “Kalau dipasarkan ke Eropa, mobil ini harus ganti kaca, lampu-lampu, ban, seatbelt dan sebagainya.”

Tata Motors dengan bisnis utamanya adalah truk atau kendaraan komersial berusaha mengurangi penggunaan baja pada mobil ini. Agar bobot Nano lebih ringan, mesin dibuat dari aluminium.

kalau di kompas harganya 24 juta, di detik 22 juta, tidak tau harga mana yang benar, yang jelas harganya masih harga luar negeri, pasaran pertamanya setelah India adalah Eropa baru masuk ke Asia, kalau sudah sampai ke Indonesia harganya mungkin sudah 30-an juta
kompas.com
detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar